Mau Tahu Seberapa Parah Efek HP Bagi Anak-Anak yang Kecanduan? Ini Penjelasannya

Ingat kah Anda pada masa Anda kecil dulu tidak mengenal HP dan gadget lainnya, bermain dan berinteraksi dengan teman teman Anda di luar rumah dan baru memiliki HP mungkin saat Anda duduk di bangku SMP atau SMA.

Mau Tahu Seberapa Parah Efek HP Bagi Anak-Anak yang Kecanduan? Ini Penjelasannya Hal ini merupakan kenangan yang akan selalu Anda ingat hingga Anda tua nanti. Hitam nya kulit Anda pada masa itu karena bermain di luar rumah hampir setiap hari nya dan mempunyai banyak teman di sekitar lingkungan Anda tinggal.

Bermain mainan tradisional seperti lompat karet, benteng, engrang, layang layang dan lain lain selalu Anda lakukan dengan teman teman Anda. Apabila Anda reuni dengan mereka pasti banyak sekali cerita cerita yang dapat di kenang karena aktifitas dan permainan yang selalu Anda dan teman Anda lakukan.

Hal ini berbeda sekali dengan apa yang di alami oleh anak anak jaman sekarang, mereka lebih sering berada di rumah dan bermain gadget atau HP yang bahkan sudah dapat di gunakan oleh anak anak mulai dari umur dua tahun.

Kalau jaman sebelumnya anak umur dua tahun masih bermain dengan peralatan yang berserakan di rumah, anak umur dua tahun sekarang sudah bisa membuka aplikasi You Tube dari HP dan menonton acara kesukaan mereka di HP tersebut. Sebenarnya You Tube bukan lah hal yang buruk kalau terkontrol dan hanya membuka tontonan yang sesuai dengan umur mereka.

Dan banyak anak anak yang belajar bahasa Inggris dari hanya menonton You Tube. Jadi tidak selama nya apa yang ada di HP adalah hal yang buruk, dengan catatan di gunakan secukupnya dan dengan pengawasan orang tua.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa efek yang berbahaya mengintai mereka dengan keseharian mereka bermain HP. Beberapa hal di bawah ini adalah parahnya efek HP bagi anak anak yang kecanduan:

Terhambatnya tumbuh kembang otak

Dari hasil penelitian Akademi Dokter Anak di Amerika, di sarankan untuk tidak sering menggunakan dan memberikan HP kepada anak yang berumur di bawah 12 tahun. Karena dengan terpaparnya mereka kepada teknologi dapat memberikan resiko kesehatan yang serius bahkan dapat mematikan.

Gangguan berat badan

Percaya atau tidak tetapi dengan menggunakan HP dalam waktu yang lama dapat memaparkan anak anak kepada obesitas, karena tubuh mereka yang selalu tiduran atau duduk dalam menggunakan gadget atau HP membuat mereka tidak bergerak bahkan banyak juga anak anak yang makan sambil menggunakan HP, tidak sehat dan menimbulkan penumpukan lemak tidak sehat karena kurangnya mereka bergerak.

Sebagai anak anak normalnya mereka harus bergerak dan bermain beraktifitas yang melibatkan otot otot dalam tubuh mereka untuk bekerja dengan baik yang akan menunjang pertumbuhan tubuh mereka.

Agresif

Apakah Anda sering bertengkar dengan anak Anda karena Anda melarang mereka menggunakan HP? Dan terkadang mereka mengeluarkan kata kata yang seharusnya tidak di katakan oleh anak anak seumur mereka? Hal tersebut di sebabkan oleh efek buruk mereka menonton tontonan di HP yang terkadang walaupun untuk anak seumur mereka tetapi ada saja efek buruk yang di hasilkan dari tontonan yang mereka lihat di HP tersebut.

Keinginan untuk menggunakan HP terus menerus

Dengan seringnya anak Anda menggunakan HP menyebabkan mereka akan meminta hal ini terus menerus setiap hari nya, hal ini menyebabkan mereka kecanduan dan hanya ingin bermain HP setiap harinya. Hindari lah hal ini karena efek buruk yang di hasilkan oleh HP tersebut.

Jadi mulai batasi lah penggunaan HP untuk anak anak Anda karena efek buruknya lebih banyak dari efek baiknya. Anda tidak ingin kan anak Anda tidak berinteraksi dengan lingkungan sekitar karena sibuk bermain dengan HP mereka dan bahkan mungkin HP adalah hal pertama yang mereka cari di pagi hari dan bukan Anda. Sungguh ironis karena Anda juga sebenarnya yang memberikan HP tersebut kepada mereka.