Mengapa Harus Menyekolahkan Anak ke Sekolah yang Dekat dengan Rumah? Ini Jawabannya

Pertengahan tahun merupakan tahun ajaran baru untuk anak anak sekolah, dan para orang tua juga biasanya sudah sibuk mencari sekolah untuk anak anak mereka. Mendatangi satu sekolah ke sekolah lainnya dan survey kelas, kurikulum serta lokasi sekolah merupakan pengorbanan para orang tua demi mendapatkan sekolah yang terbaik untuk anak anak mereka.

Mengapa Harus Menyekolahkan Anak ke Sekolah yang Dekat dengan Rumah? Ini JawabannyaAda banyak pertimbangan yang di miliki para orang tua dalam memilih sekolah untuk anak mereka, sebenarnya yang sekolah anak nya ya tetapi orang tua pasti jadi bagian yang paling repot dalam hal ini. Membeli buku sekolah, seragam, sepatu anak, tas dan lain lain adalah tugas orang tua. Kalau anak nya hanya satu mungkin masih dapat di handle tetapi kalau punya anak lima terasa sekali repot nya menyiapkan semua itu untuk mereka.

Semua orang tua mengharapkan pendidikan yang terbagus dan terbaik untuk anak anaknya, pendidikan itu tanpa kita sadari merupakan investasi jangka panjang untuk sukses nya anak di masa depan, kalau anak anak sukses orang tua pasti bangga dan merasa berhasil dalam mendidik anaknya, merupakan kebanggaan sendiri melihat kesuksesan anak karena jerih payah orang tua selama ini telah terbayarkan.

Oleh karena itu orang tua tidak bisa sembarangan atau asal dalam memilih sekolah untuk anak nya. Biaya sekolah yang tinggi atau mahal belum tentu dapat menentukan kualitas sekolah itu sendiri.

Di jaman seperti sekarang ini ada banyak pertimbangan dalam memilih sekolah yang tidak hanya sekedar melihatnya dari fasilitas sekolahnya saja. Sekolah yang baik dapat memberikan pengaruh dan efek yang baik juga untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak itu sendiri. Selain itu lingkungan dan para pelajar yang ada di sekolah juga merupakan faktor penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Untuk anak anak TK dan SD yang notabene nya masih membutuhkan perhatian yang khusus dan lebih dari para orang tua, pertimbangan yang perlu di pikirkan adalah dalam memilih sekolah yang jarak nya tidak terlalu jauh dari rumah karena lebih sesuai untuk anak anak usia sekolah TK dan SD yang belum begitu mandiri kalau di bandingkan dengan anak anak SMP atau SMA.

Jarak antara rumah dan sekolah yang terlalu jauh terkadang akan memberikan pengaruh yang kurang baik pada kondisi fisik anak, yang menyebabkan anak menjadi mudah lelah di jalan dan kurang nya semangat untuk belajar karena sudah lelah di perjalanan menuju sekolah mereka, selain itu dapat membuat konsentrasi belajar menjadi kurang baik.

Selain itu dekatnya jarak antara rumah ke sekolah dapat di pastikan akan membuat anak memiliki banyak nya dan kesempatan waktu bermain yang banyak, berbanding dengan apabila jarak antara rumah dan sekolah cukup jauh anak anak menjadi capek di jalan dan waktu mainnya yang terbatas.

Apabila menggunakan jasa antar jemput makan biaya yang harus di keluarkan juga semakin besar karena jarak nya yang jauh. Selain itu apabila ada barang barang yang tertinggal di rumah dan apabila rumah dekat dengan sekolah maka memudahkan untuk segera di tangani dan dekat untuk mengantar barang yang tertinggal tersebut. Lebih mudah dan praktis ya kalau rumah nya dekat dengan sekolah.

Para orang tua dapat menilai kondisi sekolah dan lingkungan sekolah dengan menghadiri acara open house yang biasanya di selenggarakan oleh sekolah sekolah untuk menarik dan mengundang para orang tua agar tertarik menyekolahkan anak nya di sekolah tersebut. Yang harus di perhatikan adalah sarana dan fasilitas yang di berikan oleh sekolah dan juga coba lah untuk berinteraksi dengan para pengajar sehingga dapat membayangkan kondisi sekolah tersebut dan bagai mana suasana belajar mengajar yang ada.

Fasilitas yang di sebutkan di atas tidak terbatas dengan laboratorium penunjang saja tetapi perhatikan juga apakah lingkungannya bersih, toilet yang di sediakan memadai, kantin yang di sediakan sesuai dengan ekspektasi dan juga perhatikan kondisi bangunan yang ada serta kelas apakah kelas tersebut cukup menampung dan mendukung proses belajar mengajar dan juga menyenangkan untuk anak anak.

Selain itu yang perlu di perhatikan adalah apakah prestasi yang telah di dapatkan oleh sekolah tersebut, apa yang sudah mereka capai dalam bidang akademik maupun non akademik, dan lihat juga kualitas lulusannya hal ini dapat di jadikan pertimbangan penting sebelum memilih sekolah untuk anak.